Dilansir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diet yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik adalah faktor risiko utama bagi kesehatan global. Peningkatan produksi makanan olahan, urbanisasi yang cepat, dan gaya hidup yang tidak sehat membuat Anda rentan terhadap berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Gaya hidup sehat dapat membantu Anda menghindari risiko ini.
Gaya hidup sehat adalah komitmen jangka panjang dengan manfaat lengkap bagi kesehatan tubuh dan hidup Anda. Dengan meningkatkan kesehatan fisik, mental dan emosional Anda, Anda dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dan secara positif memengaruhi orang-orang di sekitar Anda.
Aplikasi untuk gaya hidup sehat
Menerapkan gaya hidup sehat haruslah usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, kesehatan, dan bahkan kebiasaan makan Anda. Hasilnya berubah, misalnya, jika Anda mengikuti seorang model reader atau idola, Anda tidak dapat membawa atau mengharapkan perubahan gaya hidup yang sama dengan orang-orang yang kondisi fisik atau status kesehatannya berbeda dengan Anda. .
Berikut adalah beberapa cara untuk memulai gaya hidup sehat yang dapat Anda terapkan segera dan dapatkan kebiasaan atau rutinitas baru.
Ketahui kesehatan Anda dan buatlah janji jika perlu.
Lakukan pemeriksaan tahunan yang tidak pernah atau jarang dapat Anda lakukan dan tinjau daftar vaksinasi yang akan dilakukan. Beberapa vaksin diberikan lebih dari satu kali dalam program khusus. Buat janji segera dengan dokter jika hasil pemeriksaan kesehatan rutin menunjukkan kelainan atau perlu divaksinasi.
Ketahui indeks massa tubuh Anda (BMI) dan ukuran pinggang Anda untuk memeriksa faktor risiko seperti obesitas. Anda dapat melakukannya dengan pemeriksaan rutin. Kenali tingkat aktivitas fisik Anda. Berapa banyak kegiatan yang dilakukan dan seberapa banyak intensitas tersedia dalam seminggu. Mengetahui kondisi fisik dan kesehatan tubuh Anda, Anda dapat menentukan langkah selanjutnya dalam perubahan gaya hidup sehat. Diskusikan dengan dokter Anda jenis kegiatan yang direkomendasikan dan kebiasaan makan yang sesuai dengan kondisi Anda.
Perbaiki pola makan Anda dan hentikan kebiasaan buruk.
Mulailah membuat buku harian untuk membuat daftar makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Ya, misalnya, makanan goreng yang Anda habiskan menunggu jadwal kereta. Lakukan tanpa keputusan. Ingatlah bahwa Anda melakukan ini untuk mencari tahu apa yang perlu diubah dari rezim lama. Jika Anda tidak tahu kebiasaan lama apa yang ingin Anda hilangkan atau lindungi, Anda tidak akan bisa mengadopsi gaya hidup sehat. Diskusikan dengan dokter Anda dan ahli gizi jenis makanan yang Anda butuhkan, jumlah makanan dan kebiasaan makan lainnya.
Tingkatkan aktivitas fisik dan kelola stres
Orang dewasa disarankan untuk menghabiskan setidaknya 2,5 jam seminggu pada intensitas sedang untuk aktivitas aerobik (misalnya berjalan dan berlari). Atau luangkan satu jam seminggu dan 15 menit seminggu untuk melakukan aktivitas pembentukan otot seperti aktivitas aerobik intensitas tinggi, push-up, dan antar-jemput setidaknya dua hari seminggu. Buat kalender yang fleksibel, realistis dan menyenangkan untuk aktivitas fisik dan tujuan mingguan.
Perlindungan kesehatan mental juga merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Pindahkan kegiatan seperti yoga dan meditasi untuk mengatasi stres. Identifikasi jalur atau kegiatan yang dapat Anda lakukan saat Anda stres dan terserang emosi. Beristirahat sejenak, misalnya, berlari menuruni tangga lagi. Latihan pernapasan mengingatkan Anda bahwa Anda bersyukur, tetapi Anda juga menilai kembali perspektif dan keputusan yang akan Anda buat. Ingatlah hal-hal positif yang hidup; Pahami seberapa besar kesuksesan yang Anda miliki atau miliki.
Tingkatkan waktu tidur.
Buat rencana tidur yang konstan. Uji perangkat Anda, komputer Anda, atau televisi Anda. Mereka meninggal setidaknya dua jam sebelum tidur. Juga tidak disarankan untuk melakukan latihan intensif sebelum tidur. Anda bisa mandi air panas untuk menenangkan tubuh dan pikiran Anda dan minum teh. Jika Anda memiliki masalah tidur, jangan anggap remeh gangguan tidur dan segera cari pertolongan medis.
Kembangkan hubungan dengan orang-orang di lingkungan Anda
Tidak hanya perubahan gaya hidup dengan diet dan olahraga, tetapi interaksi sosial dengan orang-orang di lingkungan Anda juga berkontribusi terhadap kesehatan mental dan emosional Anda. Anda tidak harus menyinkronkan setiap aspek kehidupan Anda dengan tetangga atau teman, tetapi Anda masih harus menghabiskan waktu untuk berkomunikasi secara virtual atau virtual. Perkembangan hubungan dengan orang lain menghibur setiap pihak. Namun, jika Anda kesulitan membuat kontak atau memiliki hubungan yang tidak sehat, segera cari bantuan. Dokter akan membantu Anda menemukan penyebab masalah dan menyelesaikannya.
Selain itu, lakukan kegiatan yang mempromosikan kreativitas otak Anda dengan orang-orang di daerah Anda. Kesejahteraan acara ini dimulai sejak masa kanak-kanak, disertai dengan pendidikan formal yang saling mendukung. Menurut ahli saraf, kegiatan ini memiliki dampak yang lebih besar pada kesehatan otak dan tubuh daripada pada permainan komputer individu.
Meskipun sulit untuk dihentikan dengan kebiasaan lama, ketahuilah bahwa risiko menderita berbagai penyakit berkurang dengan gaya hidup sehat. Ini meningkatkan penampilan fisik, menjaga kesehatan mental dan meningkatkan energi Anda.
Gaya hidup sehat juga meningkatkan peluang Anda untuk hidup lebih lama. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa waktu berjalan harian setidaknya 30 menit dapat secara signifikan mengurangi risiko kematian pada usia dini. Jadi tunggu apa lagi? Jangan ragu untuk mengubah cara hidup lama Anda menjadi gaya hidup sehat.

Artikel di kutip dari alodokter