Sahabat hari ini kita membahas Seorang wanita hamil atau ibu hamil
Gejala: Kehilangan menstruasi, payudara lunak, mual dan muntah, lapar, sering buang air kecil
Komplikasi Keguguran, tekanan darah tinggi pada kehamilan, diabetes gestasional, anemia defisiensi besi, mual dan muntah yang parah
Durasi ~ 40 minggu sejak periode menstruasi terakhir
Penyebab hubungan seksual, dibantu teknologi reproduksi
Metode diagnostik Tes kehamilan
Pencegahan Kontrol kelahiran, aborsi
Pengobatan Perawatan prenatal
Obat Asam folat, suplemen zat besi
Frekuensi 213 juta (2012)
Kematian Mengurangi 230.600 (2016)
Kehamilan adalah waktu di mana satu atau lebih keturunan berkembang di dalam seorang wanita. Kehamilan ganda melibatkan lebih dari satu keturunan, seperti dengan anak kembar. Kehamilan dapat terjadi melalui hubungan seksual atau teknologi reproduksi berbantuan. Melahirkan biasanya terjadi sekitar 40 minggu dari periode menstruasi terakhir . Ini baru sembilan bulan, di mana setiap bulan rata-rata 31 hari. Ketika diukur dari pembuahan itu sekitar 38 minggu. Embrio adalah keturunan yang berkembang selama delapan minggu pertama setelah pembuahan, setelah itu, istilah janin digunakan sampai kelahiran. Gejala awal kehamilan mungkin termasuk menstruasi yang terlewat, payudara yang lembut, mual dan muntah, lapar, dan sering buang air kecil. Kehamilan dapat dikonfirmasi dengan tes kehamilan.

Kehamilan biasanya dibagi menjadi tiga trimester. Trimester pertama adalah dari minggu pertama sampai 12 dan termasuk konsepsi, yaitu saat sperma membuahi sel telur. Telur yang telah dibuahi kemudian bergerak turun ke tuba falopii dan melekat pada bagian dalam rahim, di mana ia mulai membentuk embrio dan plasenta. Selama trimester pertama, kemungkinan keguguran (kematian alami embrio atau janin) adalah yang tertinggi. Trimester kedua adalah dari minggu 13 hingga 28. Sekitar pertengahan trimester kedua, gerakan janin mungkin terasa. Pada 28 minggu, lebih dari 90% bayi dapat bertahan hidup di luar rahim jika diberikan perawatan medis berkualitas tinggi. Trimester ketiga adalah dari 29 minggu hingga 40 minggu.

Perawatan prenatal meningkatkan hasil kehamilan. Perawatan prenatal dapat mencakup mengonsumsi asam folat ekstra, menghindari obat-obatan dan alkohol, olahraga teratur, tes darah, dan pemeriksaan fisik rutin. Komplikasi kehamilan mungkin termasuk kelainan tekanan darah tinggi, diabetes gestasional, anemia defisiensi besi, dan mual dan muntah yang parah. Dalam proses persalinan yang ideal, persalinan dimulai dengan sendirinya ketika seorang wanita “siap untuk melahirkan”. Kehamilan dianggap sebagai istilah lengkap ketika kehamilan telah berlangsung 39 hingga 41 minggu. Setelah 41 minggu, itu dikenal sebagai jangka akhir dan setelah 42 minggu masa pasca. Bayi yang lahir sebelum 39 minggu dianggap sebagai term awal sementara yang sebelum 37 minggu prematur. Bayi prematur berisiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan seperti cerebral palsy. Persalinan sebelum 39 minggu dengan induksi persalinan atau operasi caesar tidak dianjurkan kecuali diminta untuk alasan medis lainnya.

Sekitar 213 juta kehamilan terjadi pada tahun 2012, di mana 190 juta (89%) berada di negara berkembang dan 23 juta (11%) berada di negara maju. Jumlah kehamilan pada wanita usia 15 hingga 44 adalah 133 per 1.000 wanita. Sekitar 10% hingga 15% kehamilan yang diakui berakhir dengan keguguran. Pada tahun 2016, komplikasi kehamilan mengakibatkan 230.600 kematian, turun dari 377.000 kematian pada tahun 1990. Penyebab umum termasuk perdarahan, infeksi, penyakit hipertensi kehamilan, persalinan macet, dan komplikasi yang terkait dengan keguguran, kehamilan ektopik, atau aborsi elektif. Secara global, 44% kehamilan tidak direncanakan. Lebih dari setengah (56%) kehamilan yang tidak direncanakan dibatalkan. Di antara kehamilan yang tidak diinginkan di Amerika Serikat, 60% wanita menggunakan kontrol kelahiran sampai batas tertentu selama bulan kehamilan terjadi.
Istilah terkait untuk kehamilan adalah gravid dan parous. Gravidus dan gravid berasal dari bahasa Latin untuk "berat" dan wanita hamil kadang-kadang disebut sebagai gravida. Gravidity adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berapa kali seorang wanita hamil. Demikian pula, istilah paritas digunakan untuk berapa kali perempuan membawa kehamilan ke tahap yang layak. Kembar dan kelahiran ganda lainnya dihitung sebagai satu kehamilan dan kelahiran. Seorang wanita yang belum pernah hamil disebut sebagai nulligravida. Seorang wanita yang (atau baru saja) hamil untuk pertama kalinya disebut sebagai primigravida, dan seorang wanita dalam kehamilan berikutnya sebagai multigravida atau multipara. Oleh karena itu, selama kehamilan kedua seorang wanita akan digambarkan sebagai gravida 2, paragraf 1 dan pada kelahiran hidup sebagai gravida 2, paragraf 2. Kehamilan yang sedang berlangsung, aborsi, keguguran, dan / atau kelahiran mati menjelaskan bahwa nilai paritas kurang dari jumlah gravida. . Dalam kasus kelahiran ganda, angka gravida dan nilai paritas bertambah satu saja. Wanita yang belum pernah melakukan kehamilan mencapai lebih dari 20 minggu usia kehamilan disebut sebagai nulipara.