Sahabat, Balita adalah usia saat anak sedang aktif-aktifnya mengeksplorasi  berbagai hal seperti senang mempelajari benda-benda yang ada di rumah dan juga di lingkungan sekitar. Bersepeda, berlari-larian, dan melakukan permainan outdoor  bersama kawan-kawannya adalah hal yang sangat di sukai anak di usia ini.

Sebenarnya bermain adalah kebutuhan yang sangat penting anak usia balita, seperti makan sehat dan tidur cukup. Dengan bermain anak akan mampu mengembangkan imajinasi, kreativitas serta belajar dalam memecahkan masalah. Sebagai orang tua kita tidak perlu resah bila si Kecil terlihat begitu bersemangat dalam bermain, orang tua cukup perhatikan asupan gizi, kebutuhan  tidur dan memastikan kebersihannya ketika istirahat atau tidak sedang bermaian.

Mam juga bisa memberikan susu pertumbuhan yang diformulasikan khusus untuk si Kecil saat usia 1-3 tahun. Susu yang mengandung protein, AA, DHA, omega 3, omega 6, nukleotida, serta sejumlah vitamin dan mineral yang penting bagi pertumbuhan si Kecil. Berbagai zat gizi dalam susu pertumbuhan ini dapat membantu Mam mendukung langkah awal kepintaran si Kecil.

Sebenarnya ada beberapa hal yang umum menyebabkan anak mudah sakit seperti:

Masalah Kekebalan Tubuh



Ini bisa terjadi pada anak yang memiliki kelainan bawaan sejak lahir  namun anak tanpa kelainan bawaan pun bisa mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh, maka dari itu wajib hukumnya bagi ibu memberikan asi selama 6 bulan tanpa putus karena asi sangat berguna dalam pembentukan sistem imun di dalam tubuh anak.



Didalam situs Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr Muzal Kadim SpA(K) mengatakan bahwa saluran cerna adalah benteng kesehatan anak. Ini karena di saluran cerna terdapat sekitar 80 persen sel yang menghasilkan antibodi. Saluran ini berfungsi sebagai sistem perlindungan terdepan untuk menghadapi mikroorganisme patogen dan mengatur sistem pertahanan tubuh supaya lebih toleran terhadap alergen. Jadi anda harus pastikan memberikan asupan makanan bergizi kepada anak sebagai langkah utama dalam memperkuat sistem kekebalan tubuhnya.

Lingkungan



Lingkungan mrerupakan faktor yang sangat vital, lingkungan yang kurang higienis memberikan sumber virus dan bakteri yang akan mengganggu kesehatan dari anak. Lingkungan sangat sering umum menularkan penyakit kepada anak balita yaitu sekolah. Bila ada salah satu teman di sekolah yang sedang sakit, sangat berkemungkinan dalam menular kepada anak-anak lainnya. Hal ini dikarenakan anak yang sakit belum paham tentang tindakan perlindungan supaya penyakitnya tidak menyebar kepada teman-temannya.

Infeksi



Infeksi ini biasanya ditandai dengan suhu tubuh anak yang meningkat atau bisa di sebut demam. Penyebab infeksi ini disebabkan oleh bakteri dan virus. Anak bisa menderita infeksi antara lain apabila mengalami kontak langsung dengan sumber infeksi , semisal  ketika bermain dengan temannya yang sudah terserang sakit. Di dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak yang mengikuti prasekolah memiliki risiko mengalami infeksi 1,5-3 kali lebih besar dibandingkan dengan anak yang tinggal di rumah.



Memberikan Makanan Bergizi

Pastikan anak anda mendapat asupan gizi sesuai kebutuhan perkembangannya melalui sehat makan yang sehat, daya tahan tubuh anak menjadi kuat untuk menangkal berbagai penyakit. Unsur gizi yang sangat penting bagi pertumbuhan sekaligus kesehatan anak adalah karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Adapun komposisinya sebagai berikut :  gizi yang dianjurkan adalah 50-70 persen karbohidrat, 20-30 persen lemak dan 10-15 persen protein.

    Menjaga Kebersihan

                Ajari si Kecil untuk memahami pentingnya keberihan baginya dengan cara membiasakan anak mencuci tangan ketika akan dan sesudah makan, setiap selesai buang air kecil maupun besar, mandi dua kali sehari, menggosok gigi dipagi dan malam, serta mencuci kaki disetiap mau tidur.

Aktif Bergerak
Aktif Bergerak tidak hanya penting untuk orang dewasa saja namun anak-anak juga harus banyak beraktivitas fisik hal ini berguna untuk memperkuat daya tahan tubuhnya. Jadi sebagai orang tua anda harus pastikan memberikan waktu kepada anak untuk melakukan  aktif bergerak minimal satu jam dalam satu hari.

Tidak Jajan Sembarangan
Jajan Sembarangan merupakan suatu kebiasaan yang dapat membuat daya tahan tubuh si anak menurun. Sebaiknya sebagai orang tua anda tidak mengajari anak untuk jajan karena ini akan memberikan dampak buruk terhadap pola pikir dan kesehatan anak. Jajan ini biasanya di beritahukan oleh orang tua kepada anak yang akan merangsang akan untuk meminta sesuatu yang belum seharusnya dan hal ini bisa menjadikan kejadian fatal apabila tidak terkendali dan dilakukan terus menerus.

Patuhi Jadwal Imunisasi
Pemerintah sudah memberikan jadwal imunisasi kepada anak di usia balita maka anda berkewajiban mematuhi jadwal tersebut agar kekebalan tubuh anak terbentuk dan meminimalkan risiko terkena penyakit dari lingkungan. Imunisasi yang diwajibkan oleh pemerintah untuk diberikan kepada setiap anak indonesia  adalah sebagai berikut : hepatitis B, polio, BCG, campak, dan DPT.