Sahabat kali ini kita akan membahas tema yang sangat penting yaitu Kesehatan,  sebagaimana didefinisikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa kesehatan adalah "keadaan kesejahteraan fisik, mental dan sosial yang lengkap dan bukan sekadar tidak adanya penyakit atau kelemahan."  Definisi ini telah menjadi kontroversi, karena mungkin memiliki nilai terbatas untuk implementasi. Kesehatan dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk beradaptasi dan mengelola tantangan fisik, mental, dan sosial sepanjang hidup.

Dilansir dari wikipedia bahwa arti kesehatan sendiri telah berkembang dari waktu ke waktu. Sesuai dengan perspektif biomedis , definisi awal kesehatan difokuskan pada tema kemampuan tubuh untuk berfungsi; kesehatan dipandang sebagai keadaan fungsi normal yang dapat terganggu dari waktu ke waktu oleh penyakit . Contoh definisi kesehatan seperti itu adalah: "suatu keadaan yang ditandai oleh integritas anatomi, fisiologis, dan psikologis; kemampuan untuk melakukan peran keluarga, pekerjaan, dan peran masyarakat yang dihargai secara pribadi; kemampuan untuk menghadapi stres fisik , biologis , psikologis , dan sosial " . Kemudian pada tahun 1948, dalam perubahan radikal dari definisi sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia(WHO) mengusulkan definisi yang bertujuan lebih tinggi: menghubungkan kesehatan dengan kesejahteraan , dalam hal "kesejahteraan fisik, mental, dan sosial, dan bukan hanya tidak adanya penyakit dan kelemahan".  Meskipun definisi ini disambut oleh beberapa orang sebagai inovatif, ia juga dikritik sebagai kabur, terlalu luas dan tidak ditafsirkan sebagai terukur. Untuk waktu yang lama, itu dikesampingkan sebagai ideal yang tidak praktis dan sebagian besar diskusi kesehatan kembali ke kepraktisan model biomedis.
Seperti halnya ada pergeseran dari memandang penyakit sebagai keadaan menjadi menganggapnya sebagai suatu proses, pergeseran yang sama terjadi dalam definisi kesehatan. Sekali lagi, WHO memainkan peran utama ketika mendorong perkembangan gerakan promosi kesehatan pada 1980-an. Ini membawa konsepsi baru tentang kesehatan, bukan sebagai negara, tetapi dalam hal ketahanan dinamis, dengan kata lain, sebagai "sumber daya untuk hidup". 1984 WHO merevisi definisi kesehatan mendefinisikannya sebagai "sejauh mana individu atau kelompok dapat mewujudkan aspirasi dan memenuhi kebutuhan dan untuk mengubah atau mengatasi lingkungan. Kesehatan adalah sumber daya untuk kehidupan sehari-hari, bukan tujuan hidup; ini adalah konsep positif, menekankan sumber daya sosial dan pribadi, serta kapasitas fisik ". Dengan demikian, kesehatan mengacu pada kemampuan untuk mempertahankan homeostasis dan pulih dari penghinaan. Kesehatan mental, intelektual, emosional dan sosial mengacu pada kemampuan seseorang untuk mengatasi stres, untuk memperoleh keterampilan, untuk mempertahankan hubungan, yang semuanya membentuk sumber daya untuk ketahanan dan kehidupan mandiri. Ini membuka banyak kemungkinan bagi kesehatan untuk diajarkan, diperkuat, dan dipelajari.
Sejak akhir 1970-an, Inisiatif Rakyat Sehat federal telah menjadi komponen nyata dari pendekatan Amerika Serikat untuk meningkatkan kesehatan penduduk. Dalam setiap dekade, versi baru Orang Sehat dikeluarkan, menampilkan sasaran yang diperbarui dan mengidentifikasi bidang topik dan sasaran terukur untuk peningkatan kesehatan selama sepuluh tahun berikutnya, dengan penilaian pada titik kemajuan atau ketiadaannya. Kemajuan telah terbatas pada banyak tujuan, yang mengarah ke keprihatinan tentang efektivitas Orang Sehat dalam membentuk hasil dalam konteks sistem kesehatan AS yang terdesentralisasi dan tidak terkoordinasi. Healthy People 2020 memberi lebih banyak perhatian pada promosi kesehatan dan pendekatan pencegahan dan menambahkan fokus substantif pada pentingnya mengatasi faktor-faktor penentu sosial kesehatan. Antarmuka digital baru yang diperluas memfasilitasi penggunaan dan penyebaran daripada buku-buku cetak besar seperti yang diproduksi di masa lalu. Dampak perubahan ini terhadap Orang Sehat akan ditentukan di tahun-tahun mendatang.
Kegiatan sistematis untuk mencegah atau menyembuhkan masalah kesehatan dan mempromosikan kesehatan yang baik pada manusia dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan. Aplikasi yang berkaitan dengan kesehatan hewan dicakup oleh ilmu kedokteran hewan . Istilah "sehat" juga banyak digunakan dalam konteks banyak jenis organisasi yang tidak hidup dan dampaknya bagi kepentingan manusia, seperti dalam arti komunitas sehat , kota sehat , atau lingkungan sehat . Selain perawatan kesehatanintervensi dan lingkungan seseorang, sejumlah faktor lain diketahui mempengaruhi status kesehatan individu, termasuk latar belakang, gaya hidup, dan ekonomi, kondisi sosial dan spiritualitas mereka; ini disebut sebagai "penentu kesehatan." Penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi dapat memengaruhi kesehatan manusia.
Pada dekade pertama abad ke-21, konseptualisasi kesehatan sebagai kemampuan membuka pintu bagi penilaian diri untuk menjadi indikator utama untuk menilai kinerja upaya yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan manusia. Ini juga menciptakan peluang bagi setiap orang untuk merasa sehat, bahkan di hadapan berbagai penyakit kronis, atau kondisi terminal, dan untuk pemeriksaan ulang faktor-faktor penentu kesehatan, jauh dari pendekatan tradisional yang berfokus pada pengurangan dari prevalensi penyakit.

Secara umum, konteks di mana seorang individu hidup sangat penting untuk status kesehatan dan kualitas hidupnya. Semakin diakui bahwa kesehatan dipertahankan dan ditingkatkan tidak hanya melalui kemajuan dan penerapan ilmu kesehatan , tetapi juga melalui upaya dan pilihan gaya hidup cerdas individu dan masyarakat. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia , penentu utama kesehatan termasuk lingkungan sosial dan ekonomi, lingkungan fisik dan karakteristik dan perilaku individu seseorang.
Lebih khusus lagi, faktor-faktor kunci yang ditemukan mempengaruhi apakah orang itu sehat atau tidak sehat meliputi yang berikut:


  • Penghasilan dan status sosial
  • Dukungan sosial jaringan
  • Pendidikan dan melek huruf
  • Pekerjaan / kondisi kerja
  • Lingkungan sosial
  • Lingkungan fisik
  • Praktek kesehatan pribadi dan keterampilan koping
  • Perkembangan anak yang sehat
  • Biologi dan genetika
  • Layanan perawatan kesehatan
  • Jenis kelamin
  • Budaya


Semakin banyak penelitian dan laporan dari berbagai organisasi dan konteks yang meneliti keterkaitan antara kesehatan dan berbagai faktor, termasuk gaya hidup, lingkungan, organisasi perawatan kesehatan dan kebijakan kesehatan , satu kebijakan kesehatan spesifik yang dibawa ke banyak negara dalam beberapa tahun terakhir adalah pengenalan gula pajak. Pajak minuman menjadi jelas dengan meningkatnya kekhawatiran tentang obesitas, khususnya di kalangan kaum muda. Minuman yang dimaniskan dengan gula telah menjadi target inisiatif anti-obesitas dengan semakin banyak bukti terkait dengan obesitas.  seperti laporan Lalonde 1974 dari Kanada; yang Study Alameda County di California; dan serangkaian Laporan Kesehatan Dunia dari Organisasi Kesehatan Dunia, yang berfokus pada masalah kesehatan global termasuk akses ke perawatan kesehatan dan peningkatan hasil kesehatan masyarakat , terutama di negara-negara berkembang .
Konsep " bidang kesehatan, " berbeda dari perawatan medis , muncul dari laporan Lalonde dari Kanada. Laporan mengidentifikasi tiga bidang yang saling tergantung sebagai penentu utama kesehatan seseorang. Ini adalah:
Gaya hidup: kumpulan keputusan pribadi (yaitu, di mana individu memiliki kendali) yang dapat dikatakan berkontribusi pada, atau menyebabkan, penyakit atau kematian;
Lingkungan: semua hal yang berkaitan dengan kesehatan di luar tubuh manusia dan di mana individu memiliki sedikit atau tidak ada kontrol;
Biomedis: semua aspek kesehatan, fisik dan mental, yang dikembangkan dalam tubuh manusia sebagai dipengaruhi oleh genetik.
Pemeliharaan dan promosi kesehatan dicapai melalui kombinasi yang berbeda dari kesejahteraan fisik, mental , dan sosial, bersama-sama kadang-kadang disebut sebagai "segitiga kesehatan." Piagam Ottawa WHO tahun 1986 untuk Promosi Kesehatan lebih lanjut menyatakan bahwa kesehatan bukan hanya keadaan, tetapi juga "sumber daya untuk kehidupan sehari-hari, bukan tujuan hidup. Kesehatan adalah konsep positif yang menekankan sumber daya sosial dan pribadi, serta kapasitas fisik. "
Lebih fokus pada masalah gaya hidup dan hubungannya dengan kesehatan fungsional, data dari Studi Alameda County menyarankan bahwa orang dapat meningkatkan kesehatan mereka melalui olahraga , tidur yang cukup , mempertahankan berat badan yang sehat , membatasi penggunaan alkohol , dan menghindari merokok . Kesehatan dan penyakitdapat hidup berdampingan, karena orang dengan beragam penyakit kronis atau penyakit mematikan dapat menganggap dirinya sehat.
Lingkungan sering disebut sebagai faktor penting yang memengaruhi status kesehatan individu. Ini termasuk karakteristik lingkungan alam , lingkungan terbangun dan lingkungan sosial . Faktor-faktor seperti air bersih dan udara , perumahan yang memadai , dan komunitas dan jalan yang aman telah ditemukan berkontribusi pada kesehatan yang baik, terutama bagi kesehatan bayi dan anak-anak.  Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurangnya ruang rekreasi di lingkungan sekitar termasuk lingkungan alam mengarah ke tingkat kepuasan pribadi yang lebih rendah dan tingkat obesitas yang lebih tinggi., terkait dengan kesehatan dan kesejahteraan keseluruhan yang lebih rendah. Ini menunjukkan bahwa manfaat kesehatan positif dari ruang alami di lingkungan perkotaan harus diperhitungkan dalam kebijakan publik dan penggunaan lahan.
Genetika , atau sifat bawaan dari orang tua, juga berperan dalam menentukan status kesehatan individu dan populasi. Ini dapat mencakup kecenderungan terhadap penyakit dan kondisi kesehatan tertentu, serta kebiasaan dan perilaku yang dikembangkan individu melalui gaya hidup keluarga mereka . Sebagai contoh, genetika dapat berperan dalam cara orang mengatasi stres , baik mental, emosional atau fisik. Sebagai contoh, obesitas adalah masalah yang signifikan di Amerika Serikat yang berkontribusi terhadap kesehatan mental yang buruk dan menyebabkan stres dalam kehidupan banyak orang. (Satu kesulitan adalah masalah yang diangkat oleh debatlebih dari kekuatan relatif genetika dan faktor lain; interaksi antara genetika dan lingkungan mungkin sangat penting.)