Reproduksi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan baru yang di sebut juga berkembang biak. Tujuannya adalah untuk mempertahankan jenisnya dan dan juga agar tidak punah kalo untuk manusia agar suatu keluarga mempunyai keturunn. Pada manusia untuk menghasilkan keturunan yang baru diawali dengan peristiwa fertilisasi. Sehingga dengan demikian reproduksi pada manusia dilakukan dengan cara generatif atau seksual. Tanda kematangan alat reproduksi pada pria ditandai dengan keluarnya air mani (ejakulasi) yang pertama yaitu pada saat mimpi basah. Jika wanita dalam kematangan alat reproduksi pada wanita ditandai dengan haid yang pertama.
Kesehatan reproduksi mengacu pada penyakit, gangguan dan kondisi yang mempengaruhi fungsi sistem reproduksi pria dan wanita selama semua tahap kehidupan. Gangguan reproduksi meliputi cacat lahir, kelainan perkembangan, berat lahir rendah, kelahiran prematur, berkurangnya kesuburan, impotensi, dan gangguan menstruasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan polutan lingkungan dapat menimbulkan ancaman terbesar bagi kesehatan reproduksi. Paparan timbal dikaitkan dengan penurunan kesuburan pada pria dan wanita, sementara paparan merkuri telah dikaitkan dengan cacat lahir dan gangguan neurologis. Semakin banyak bukti menunjukkan bahwa paparan pengganggu endokrin, bahan kimia yang tampaknya mengganggu aktivitas hormon pada manusia dan hewan, dapat berkontribusi pada masalah kesuburan, kehamilan, dan aspek reproduksi lainnya.

Kesehatan seksual dan reproduksi yang baik adalah keadaan fisik, mental dan sosial yang lengkap dalam semua hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi. Ini menyiratkan bahwa orang dapat memiliki kehidupan seks yang memuaskan dan aman, kemampuan untuk bereproduksi, dan kebebasan untuk memutuskan apakah, kapan, dan seberapa sering melakukannya.

Untuk menjaga kesehatan seksual dan reproduksi seseorang, orang memerlukan akses ke informasi yang akurat dan metode kontrasepsi yang aman, efektif, terjangkau dan dapat diterima pilihan mereka. Mereka harus diberi informasi dan diberdayakan untuk melindungi diri dari infeksi menular seksual. Dan ketika mereka memutuskan untuk memiliki anak, perempuan harus memiliki akses ke layanan yang dapat membantu mereka memiliki kehamilan yang sehat, persalinan yang aman dan bayi yang sehat. Setiap individu memiliki hak untuk membuat pilihan sendiri tentang kesehatan seksual dan reproduksi mereka.

Kekhawatiran utama
Orang-orang mengantri di luar klinik kesehatan reproduksi di Vietnam. Hal ini terlihat paling akut di negara-negara berkembang, di mana masalah kesehatan reproduksi merupakan penyebab utama kesehatan dan kematian yang buruk bagi perempuan dan anak perempuan usia subur. Wanita miskin menderita secara tidak proporsional dari kehamilan yang tidak diinginkan, aborsi yang tidak aman, kematian dan cacat ibu , infeksi menular seksual (IMS), kekerasan berbasis gender , dan masalah terkait lainnya.

Kaum muda juga sangat rentan, seringkali menghadapi hambatan terhadap informasi dan perawatan kesehatan seksual dan reproduksi. Orang-orang muda secara tidak proporsional terpengaruh oleh HIV , misalnya, dan setiap tahun jutaan anak perempuan menghadapi kehamilan yang tidak diinginkan , membuat mereka menghadapi risiko selama persalinan atau aborsi yang tidak aman dan mengganggu kemampuan mereka untuk bersekolah. Kesehatan reproduksi remaja
Tanpa diagnosis dan pengobatan, beberapa IMS, seperti HIV atau sifilis, bisa berakibat fatal. IMS juga dapat menyebabkan komplikasi terkait kehamilan, termasuk lahir mati, infeksi bawaan, sepsis, dan kematian neonatal. IMS seperti human papillomavirus (HPV) dapat menyebabkan penyakit radang panggul, infertilitas dan kanker serviks, pembunuh utama wanita.

Pendekatan siklus hidup
Kesehatan reproduksi merupakan masalah seumur hidup bagi wanita dan pria, mulai dari bayi hingga usia tua. Bukti menunjukkan bahwa kesehatan reproduksi dalam salah satu tahap kehidupan ini memiliki efek mendalam pada kesehatan seseorang di kemudian hari. Kami mendukung program-program yang disesuaikan dengan tantangan berbeda yang dihadapi orang pada waktu yang berbeda dalam hidup mereka, termasuk pendidikan seksualitas yang komprehensif , keluarga berencana , perawatan persalinan sebelum melahirkan dan persalinan yang aman , perawatan pasca-natal, layanan untuk mencegah infeksi menular seksual (termasuk HIV ), dan layanan yang memfasilitasi diagnosis dini dan perawatan penyakit kesehatan reproduksi (termasuk kanker payudara dan leher rahim).

Untuk mendukung kesehatan reproduksi sepanjang siklus hidup, layanan di berbagai sektor harus diperkuat, dari sistem kesehatan dan pendidikan hingga sistem transportasi  - yang diperlukan untuk memastikan perawatan kesehatan dapat diakses . Dan semua upaya untuk mendukung kesehatan seksual dan reproduksi bergantung pada ketersediaan pasokan kesehatan yang penting, seperti kontrasepsi, obat-obatan yang menyelamatkan jiwa dan peralatan medis dasar.